TRENDI, ANDISTA SAFUTRA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SMP NEGERI 1PUCUK RANTAU. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
![[thumbnail of SKRIPSI TRENDI.pdf]](http://repository.uniks.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI TRENDI.pdf - Other
Download (1MB)
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil
belajar siswa dalam proses belajar mengajar terutama mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam kelas VII di SMPN 1 Pucuk Rantau.
Dari observasi awal yang telah penulis lakukan di SMP Negeri 1 Pucuk
Rantau kelas VII dalam pembelajaran PAI ditemukan beberapa kendala-kendala
yaitu antara lain : Hasil Belajar Siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI masih
kurang, siswa kelas VII banyak yang mengantuk selama proses pembelajaran,
serta dalam proses pembelajaran siswa sibuk bercerita dengan temannya.
Untuk mengatasi masalah tersebut, maka guru perlu meningkatkan model
pembelajaran yang sesuai sehingga dapat mengatasi permasalahan dalam
meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat
dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah menerapkan
Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini bertujuan
untuk
mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan
menggunakan tipe Two Stay Two Stray dalam meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VII di SMPN
1 Pucuk Rantau.
Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru bidang studi Pendidikan
Agama Islam yang mengajar di SMPN 1 Pucuk Rantau dan seluruh siswa kelas
VII yang berjumlah 24 orang (16 orang yang beragama islam). Sedangkan yang
menjadi objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Two
Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 1
Pucuk Rantau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan
hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 Pucuk
Rantau. Hal ini dibuktikan dari Pra Siklus dapat dilihat hanya 37,50% saja siswa
yang hasil belajarnya dikategorikan tuntas, siklus I meningkat menjadi 50%
setengah dari kata sempurna, dan siklus II juga mengalami peningkatan yang
sangat memuaskan yaitu 81% siswa yang hasil belajarnya sudah dikategorikan
tuntas (diatas KKM).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tipe Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS), Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 02:07 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 02:07 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/1010 |