Search for collections on Repository UNIKS

MINAT MASYARAKAT GUNUNG TOAR TERHADAP PEMBUKAAN REKENING PROSES BUREKOL (BUKA REKENING ONLINE) MELALUI MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG TELUK KUANTAN

NURLIANA, - (2020) MINAT MASYARAKAT GUNUNG TOAR TERHADAP PEMBUKAAN REKENING PROSES BUREKOL (BUKA REKENING ONLINE) MELALUI MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG TELUK KUANTAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of SKRIPSI NURLIANA.pdf] Text
SKRIPSI NURLIANA.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Perkembangan teknologi informasi di
dunia yang sangat pesat. Dengan banyaknya pengguna internet yang juga
mendorong dunia bisnis untuk lebih maju dan berkembang. Internet menjadi
media untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian. Perkembangan di
dunia yang serba digital ini ditandai dengan maraknya penggunaan telephone
seluler yang lebih sering disebut dengan Smartphone. Maka dengan hal tersebut
muncullah sebuah layasan jasa perbankan syariah baru–baru ini dengan
pembukaan rekening era digital.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat masyarakat Gunung Toar
terhadap pemukaan rekening tabungan proses Burekol pada Bank Mandiri Syariah
Teluk Kuantan. Populasi dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan terhadap
masyarakat Kecamatan Gunung Toar sesuai klasifikasi pekerjaan sebanyak 535
sampel. Dan penulis hanya mengambil 41 orang sebagai sampelnya. Teknik
pengambilan sampel dengan cara Incidental sampling. Dan teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data
dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian ini bahwa minat masyarakat Gunung Toar terhadap
Pembukaan Rekening Proses Burekol (Buka Rekening Online) termasuk dalam
kategori rendah yang ditunjukkan dengan angka 21,95%. Dan faktor pendorong
masyarakat Gunung Toar terhadap pembukaan rekening online pada Bank
Mandiri Syariah Mandiri Teluk Kuantan yaitu Faktor Budaya, Faktor Sosial dan
Faktor Layanan Fasilitas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Faktor
Motivasi yang kurang pahamnya masyarakat tentang pembukaan rekening online
dikarenakan kurangnya promosi yang dilakukan perbankan syariah tersebut
kelapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Minat, Rekening Online, Mobile Banking
Subjects: Agama > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Perbankan Syrariah
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:41
Last Modified: 02 Oct 2025 08:41
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item
View Item