Search for collections on Repository UNIKS

PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DI LUAR JAM SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS XI IPA DI SMAN 2 KUANTAN MUDIK (TP. 2021/2022)

Rovi Muvita, Indrtiani (2022) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DI LUAR JAM SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS XI IPA DI SMAN 2 KUANTAN MUDIK (TP. 2021/2022). Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of SKRIPSI ROVI MUVITA  SIAP - murtati exol.pdf] Text
SKRIPSI ROVI MUVITA SIAP - murtati exol.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pendidikan dapat dilihat melalui pencapaian pada hasil belajar, di mana hasil belajar yang baik tentu saja tidak akan diraih apabila hanya mengandalkan aktivitas belajar di sekolah. Siswa juga harus melakukan aktivitas belajar di luar jam sekolah karena aktivitas tersebut dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang kemudian akan mempengaruhi hasil belajar siswa saat di sekolah. Di SMAN 2 Kuantan Mudik, ditemukan gejala bahwa siswa kelas XI IPA telah melakukan tiga dari empat bentuk aktivitas belajar di luar jam sekolah, yaitu: (1) Mengulangi pelajaran di rumah, (2) Mengerjakan tugas atau PR, serta (3) Membaca buku atau bahan bacaan lain sebagai tambahan untuk pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran. Namun 46,6% di antaranya memiliki masalah pada hasil belajar dengan tidak mencapai batas KKM pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh aktivitas belajar di luar jam sekolah terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas XI IPA di SMAN 2 Kuantan Mudik. Penelitian ini berjenis kuantitatif asosiatif kausal dengan sampel penelitian sejumlah 30 orang siswa kelas XI IPA di SMAN 2 Kuantan Mudik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh aktivitas belajar di luar jam sekolah sebagai variabel X terhadap hasil belajar siswa sebagai variabel Y karena pada Uji-T didapatlah persamaan nilai thitung 1,875 lebih kecil < daripada nilai ttabel 2,048. Demikian pula pada Uji Signifikansi di mana nilai (Sig.) 0,180 lebih besar daripada probabilitas 0,05 sehingga dapat disimpulkan tidak ada pengaruh variabel X terhadap variabel Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar di Luar Jam Sekolah, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:47
Last Modified: 11 Jul 2024 03:47
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item
View Item