Search for collections on Repository UNIKS

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 BENAI

Nurpika, Ansari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 BENAI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of SKRIPSI NURPIKA_ANSARI.pdf] Text
SKRIPSI NURPIKA_ANSARI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi suatu model pembelajaran Think Talk Write (TTW), di mana model pembelajaran tersebut sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan dan mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Dalam pra penelitian di SMK Negeri 1 Benai ditemukan bahwa guru telah menerapkan model pembelajaran tersebut. Namun terkait dengan kemampuan berpikir kritis siswa ditemukan gejala-gejala sebagai berikut: (1) Kurangnya kemampuan dalam mengungkapkan pikirannya secara jelas, (2) Kurangnya ketelitian siswa dalam mencari materi dan jawaban tugas-tugas belajar dengan tepat, (3) Minimnya aktivitas debat maupun menyangkal suatu argumen dalam diskusi kelompok. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Benai. Penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Benai yang berjumlah 76 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus statistik berupa regresi linear sederhana dengan menggunakan software SPSS Version 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Signifikansi (Sig.) dari tabel Coefficients diperoleh nilai Signifikansi (Sig.) sebesar 0,00 lebih kecil < dari probabilitas 0,05, artinya hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) (X) berpengaruh terhadap variabel Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:54
Last Modified: 15 Jul 2024 04:39
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item
View Item