Jannatul, Dakwa (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI MIPA 3 DI SMAN 1 INUMAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
JANNATUL DAKWA SKRIPSI.pdf - Other
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada kelas XI MIPA 3 di SMAN 1 Inuman. Permasalahan
yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah rendahnya Keaktifan belajar
siswa. Inti kajian dalam penelitian ini difokuskan pada salah satu faktor yang
mempengaruhi keaktifan belajar siswa yaitu metode pembelajaran yang
digunakan oleh guru. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui adakah pengaruh metode pembelajaran active debate terhadap
keaktifan belajar siswa kelas XI MIPA 3 di SMAN 1 Inuman jenis penelitian ini
adalah kuantitatif asosiatif kausal dengan sampel penelitian 26 siswa dan siswi.
Adapun teknik pengumpulan data primer yang digunakan adalah angket dan
untuk pengumpulan data sekunder yang digunakan adalah observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana yang
kemudian di olah menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa metode pembelajaran active debate tidak berpengaruh
terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan
budi pekerti kelas XI MIPA 3 di SMAN 1 Inuman. Tidak adanya pengaruh
tersebut dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 0,912 yang mana lebih kecil < dari
pada nilai t tabel 2,064. Dan nilai signifikansi (Sig.) yakni sebesar 0,371 lebih
besar dari probalitas 0,05 atau 0,371 > 0,05 yang menandakan bahwa tidak ada
pengaruh variabel X terhadap variabel Y
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Active Debate, Keaktifan Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 07:56 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 07:56 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/212 |