Search for collections on Repository UNIKS

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTU MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XIIPS3 DI SMAN 1 TELUK KUANTAN

Salmida, Simatupang (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTU MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XIIPS3 DI SMAN 1 TELUK KUANTAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of SKRIPSI SALMIDA SIMATUPANG (2).pdf] Text
SKRIPSI SALMIDA SIMATUPANG (2).pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran take and give berbantu media grafis pada mata pelajaran agama islam dan budi pekerti di kelas XI IPS3 SMAN 1 Teluk Kuantan. Penelitian tindakan kelas ini meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS3 SMAN 1 Teluk Kuantan yang berjumlah 34 orang siswa dimana 32 orang siswa yang beragama islam dan 2 orang siswa yang tidak beragama islam. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata siswa siklus I yaitu 56.56, dimana terdapat 15 orang siswa yang tuntas dan 17 orang siswa yang tidak tuntas dan 2 orang siswa yang tidak beragama islam. Adapun perhitungan nilai ketuntas klasikal belajar siklus I yaitu 37,70%, sesuai dengan kriteria ketuntasan belajar klasikal disekolah dinyatakan tuntas apabila 85% siswa tuntas secara klasikal. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar klasikal pada siklus I belum tercapai. Dan Berdasarkan pada tes akhir pembelajaran siklus II terdapat 29 orang siswa yang tuntas dengan rata-rata 82,19 dan persentase ketuntasan klasikal yaitu 90,6%. Sesuai dengan kriteria ketuntasan belajar secara klasikal dinyatakan tuntas apabila 85% siswa tuntas secara kalsikal. Hal ini sudah mencapai kriteria yang telah ditetapkan. Dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran take and give berbantu media grafisdapat menigkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Take and give, media grafis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 07 Jun 2024 04:48
Last Modified: 07 Jun 2024 04:48
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/24

Actions (login required)

View Item
View Item