Search for collections on Repository UNIKS

PENGARUH PEMANFAATAN BUKU TEKS PELAJARAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS KELAS VII DI MTs HAYATUL ISLAMIYAHKECAMATAN PANGEAN

Isnawati, - (2023) PENGARUH PEMANFAATAN BUKU TEKS PELAJARAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS KELAS VII DI MTs HAYATUL ISLAMIYAHKECAMATAN PANGEAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of SKRIPSI ISNAWATI.pdf] Text
SKRIPSI ISNAWATI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Mata pelajaran al-qur’an hadits merupakan salah satu mata pelajaaran yang sulit membutuhkan inisiatif belajar siswa yang tinggi sehingga tidak heran kemandirian belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena tidak adanya dorongan dalam diri siswa untuk bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh guru. Sumber belajar berupa buku teks pelajaran yang memiliki isi teori yang cukup lengkap di MTs Hayatul Islamiyah, seharusnya siswa mampu untuk belajar dengan mandiri dan bertanggung jawab pada dirinya sendiri, contohnya dalam mengerjakan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan oleh guru siswa mampu untuk mengerjakannya dan percaya dengan hasil kerjanya sendiri, dan bisa memanfaatkan sumber belajar berupa buku teks mata pelajaran Al-qur’an hadits dengan baik disekolah maupun dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Pemanfaatan Buku Teks Pelajaran terhadap Kemandirian Belajar Siswa MTs Hayatul Islamiyah Kecamatan Pangean. Penelitian ini berjenis kuantitatif asosiatif kausal dan dilaksanakan di MTs Hayatul Islamiyah, Kecamatan Pangean. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan instrumen berupa angket sebagai sumber data primer. Sedangkan wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan untuk data sekunder (pendukung). Analisis data menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana yang kemudian diolah menggunkan Sofwere SPSS 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 11,148 lebih besar dari nilai t table sebesar 2,07387. Hal ini juga dapat dilihat pada nilai signifikansi (sig). Yaitu 0,000 lebih kecil dari signifikansi probabilitas sebesar 0,05. Serta dilihat dari nilai Koefisien Determinasi ( R Squere) sebesar 0,850 atau jika dipresentasikan besaran pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Pemanfaatan Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs Hayatul Islamiyah Kecamatan Pangean.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Buku Teks, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:34
Last Modified: 15 Jul 2024 07:34
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item
View Item