Search for collections on Repository UNIKS

PENGARUH MODEL JOYFUL LEARNING TERHADAP MOTIVASIBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS III DI SD NEGERI 004 KOTO KOMBU KEC. HULU KUANTAN KAB. KUANTAN SINGINGI

Irmawati, - (2023) PENGARUH MODEL JOYFUL LEARNING TERHADAP MOTIVASIBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS III DI SD NEGERI 004 KOTO KOMBU KEC. HULU KUANTAN KAB. KUANTAN SINGINGI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of IRMAWATI SKRIPSI FULL.pdf] Text
IRMAWATI SKRIPSI FULL.pdf

Download (5MB)

Abstract

Model Joyful Learning adalah pembelajaran yang didalamnya terdapat keterkaitan antara pendidik dan peserta didik dimana penciptaan lingkungan pembelajaran yang dibuat menyenangkan dan merangsang anak untuk belajar dengan suasana kelas yang diciptakan penuh kegembiraan sehingga membawa kegembiraan pula dalam belajar. Maka joyfull learning dikatakan mempengaruhi motivasi belajar pada siswa. Dalam pra Penelitian di SD Negeri 004 Koto Kombu, Kec. Hulu Kuantan Kab.Kuantan Singingi Selama proses pembelajaran guru menerapkan pembelajaran menyenangkan (joyful learning) namun masih terdapat siswa yang kurang memperhatikan guru dalam proses belajar mengajar, masih ada siswa yang belum memiliki keberanian dalam menyampaikan pendapat, Pengetahuan yang diterima oleh siswa cenderung tidak bertahan lama dan masih ada siswa yang tidak bertanya tentang pelajaran yang belum di pahami. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model Joyful Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran agama islam dan budi pekerti kelas III di SD Negeri 004 Koto Kombu Kec. Hulu Kuantan Kab. Kuantan Singingi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif kausal dengan sampel penelitian berjumlah 14 orang dan 1 orang guru pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. Adapun teknik pengumpulan data primer yang digunakan yaitu angket dan untuk pengumpulan data sekunder yang di gunakan yaitu wawancara,observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model joyful learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas III di SD Negeri 004 Koto Kombu dengan nilai signifikansi(Sig.) 0,002 lebih kecil dari probalitas 0,05 atau 0,002< 0,05. Demikianlah dengan nilai t hitung 3,958 lebih besar dari nilai t tabel 0,5324. Maka terdapat pengaruh model joyful learning terhadap motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Joyful Learning, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:25
Last Modified: 15 Jul 2024 07:25
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item
View Item