Syarwan, Suhada (2023) HUBUNGAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS IXSMPN 4 PANGEAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
SKRIPSI SYARWAN SUHADA SCAN.pdf - Other
Download (2MB)
Abstract
Metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here adalah salah satu strategi
dalam model pembelajaran aktif (Active Learning). “Strategi pembelajaran
Everyone Is A Teacher Here adalah strategi pembelajaran yang digunakan oleh
pendidik dengan maksud meminta peserta didik untuk semuanya berperan
menjadi narasumber terhadap semua temannya dikelas belajar. Dalam pra
Penelitian di SMPN 4 Pangean selama proses pembelajaran guru menerapkan
pembelajaran menyenangkan (Everyone is A Teacher Here) namun masih terdapat
Siswa sering terlambat datang kesekolah, sering mengantuk ketika proses belajar
mengajar, sering keluar masuk ketika proses pembelajaran, masih banyak yang
kurang memperhatikan guru, masih sering menyontek ketika ada tugas sekolah,
masih sering bermain-main dan berbicara dengan temannya ketika proses
pembelajaran, masih dijumpai menggambar dibuku pelajaran. Oleh karena itu
perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui hubungan motivasi belajar Siswa
menggunakan Metode Everyone is A Teacer Here pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti siswa kelas IX SMPN 4 Pangean
dengan jumlah sampel 17 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara,
angket, dan dokumentasi, dan teknik analisis data Korelasi Product Moment
karena dua variabel yang berhubungan yang merupakan suatu teknik statistik
yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara dua variabel atau lebih yang
bersifat kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Everyone is
A Teacer Here dikelas IX SMPN 4 Pangean memiliki hubungan terhadap
Motivasi Belajar Siswa sebesar 92% dikategorikan sangat kuat, dan terdapat
pengaruh yang signifikan Metode Everyone is A Teacer Here terhadap Motivasi
Belajar Siswa kelas IX SMPN 4 Pangean, sebab rhitung (0,920) > rtabel 5%
(0,482) dan 1% (0,606). Dari hasil interpretasi koefisien korelasi menunjukkan
tingkat hubungan kedua variabel pada kategori sangat kuat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Everyone is A Teacher Here, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 08:19 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:22 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/255 |