Rebi, Sartika (2022) PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SANTRIWAN DAN SANTRIWATI PADA MATA PELAJARAN SKI DI MDTA MUHAJIRIN KAMPUNG BARU GUNUNG TOA. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
SKRIPSI REBI SARTIKA.pdf - Other
Download (2MB)
Abstract
Guru SKI di MDTA Muhajirin Kampung Baru sudah menerapkan keterampilan bertanya dengan baik, akan tetapi masih ada santriwan dan santriwati yang tidak aktif. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap keaktifan belajar santriwan dan santriwati pada mata pelajaran SKI di MDTA Muhajirin Kampung Baru Gunung Toar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif kausal, yang dilaksanakan di MDTA Muhajirin Kampung Baru Gunung Toar, Jumlah populasi pada penelitian ini adalah seluruh santriwan dan santriwati MDTA Muhajirin Kampung Baru yang berjumlah 102 orang dan penarikan sampel secara acak (Random Sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang santriwan dan santriwati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan instrument berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana yang diolah menggunakan soffware SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari keterampilan bertanya guru terhadap keaktifan belajar santriwan dan santriwati, pada uji signifikansi ditemukan persamaan bahwa nilai (sig) 0,001 < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 22%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Bertanya, Keaktifan Belaja |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 02:31 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 02:31 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/31 |