NIKE, JULIANA WARDANI (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA AUDIO VISUALDALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DIKELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGINGI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
![[thumbnail of SKRIPSI NIKE JULIANA.pdf]](http://repository.uniks.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NIKE JULIANA.pdf - Other
Download (3MB)
Abstract
Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Kuantan Singingi.Pendidikan
merupakan sebuah proses kegaiatan yang disengaja atas input siswa untuk
menimbulkan suatu hasil yang diinginkan sesuai tujuan yang ditetapkan.
Sebagai sebuah proses sengaja maka pendidikan harus dievaluasi hasilnya
untuk melihat apakah hasil yang dicapai telah sesuai dengan tujuan yang
diinginkan. Sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran dapat tercapai
sesuai dengan apa yang di harapkan serta dapat meningkatkan hasil belajar
siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetauhi bagaimana penerapan
model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantu media audio
visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pada pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti. Metodologi penelitian yang berlokasi di SMP
Negeri 2 Singingi. Subjek penelitian 1 orang guru PAI dan 28 orang siswa kelas
VIII. Objek penelitian ialah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe
Group Investigation berbantu media audio visual dalam upaya meningkatkan
hasil belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di Kelas VIII SMP
Negeri 2 Singingi. Jenis peneltian ini adalah (PTK). Teknik Pengumpulan data
ialah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu Pra
Siklus, Siklis I, Siklus II, Siklus III.Hasil penelitian menunjukan bahwa
pembelajaan dengan menggunakan Kooperatif Tipe Group
Investigationberbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar
siswa, hal ini terbukti dari hasil pengamatan yang diperoleh disetiap siklusnya
Pra Siklus 21,42%, Siklus I persentasenya 39,28%, Siklus II persentasenya
67,85%, Siklus III persentasenya 89,28%. Maka dapat disimpulan bahwa
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantu
Media Audio Visual Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata
Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di Kelas VIII SMP Negeri 2 Singingi dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KooperatifTipe Group Investigation, media audio visual, hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan > Sekolah dan Aktivitasnya; Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siswa Magang - |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:07 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 03:07 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/312 |