Search for collections on Repository UNIKS

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENGURUSAN IZIN SURAT KETERANGAN GANTI RUGI (SKGR)DI KANTOR CAMAT KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Nabilla Adelia, Witri (2023) STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENGURUSAN IZIN SURAT KETERANGAN GANTI RUGI (SKGR)DI KANTOR CAMAT KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of NABILLA ADELIA WITR.pdf] Text
NABILLA ADELIA WITR.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten
Kuantan Singingi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
Standar Operasional Prosedur Pengurusan Izin Surat Keterangan Ganti Rugi di
Kantor Camat Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Teknik penarikan
sampel menggunakan metode Simple Random Sampling. Simple Random
Sampling adalah pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan
secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Data diolah
dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data diperoleh melalui,
pengamatan langsung, Angket, dan dokumentasi.
Pada penelitian ini indikatornya adalah persyaratan, prosedur, jangka waktu
pelayanan, biaya/tarif dan penanganan pengaduan. Hasil penelitian ditemukan
bahwa SOP pengurusan izin SKGR di kantor Camat Kuantan Hilir masih belum
sesuai. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan lansung penulis dengan
masyarakat. Masih ditemukannya permasalahan saat pengurusan SKGR seperti
pelaksanaan pelayanan yang tidak tepat waktu, kurangnya transparansi biaya
dalam pengurusan SKGR. Seharusnya sebagai pelaksana kegiatan pengurusan izin
SKGR, pegawai mempunyai profesionalisme, disiplin dalam bekerja dan mampu
memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Hasil penelitian SOP Pengurusan Izin SKGR di Kantor Camat di Kuantan
Hilir Kabupaten Kuantan Singingi menghasilkan nilai rata-rata 3,75 yang berada
pada interval baik. Hal ini berdasarkan 5 indikator yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu Persyaratan, Prosedur Pelayanan, Jangka Waktu Pelayanan,
Biaya/Tarif, dan Penanganan Pengaduan hampir semua indikatornya baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: SOP, SKGR, Public
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:28
Last Modified: 17 Jul 2024 02:28
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item
View Item