Search for collections on Repository UNIKS

ANALISIS KINERJA RUAS JALAN AKASIA AKIBAT BANGKITAN DAN TARIKAN PERJALANAN MI MUHAMMADIYAH TELUK KUANTAN

Rahman, - (2023) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN AKASIA AKIBAT BANGKITAN DAN TARIKAN PERJALANAN MI MUHAMMADIYAH TELUK KUANTAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of SKRIPSI RAHMAN.pdf] Text
SKRIPSI RAHMAN.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Pada ruas Jalan Akasia di depan MI Muhammadiyah Teluk Kuantan
tersebut sering mengalami permasalahan lalu lintas seperti peningkatan tundaan
dan kemacetan pada jam sekolah. Hal ini terjadi saat jam puncak atau jam sibuk
karena tingginya aktivitas masyarakat diikuti oleh kegiatan sekolah tersebut pada
saat yang bersamaan, ditambah lagi hambatan samping yang muncul akibat
kendaraan yang mengantar atau menjemput siswa. Adapun tujuan dari penelitian
ini untuk mengetahui jumlah bangkitan dan tarikan pergerakan pada MI
Muhammadiyah Teluk Kuantan, untuk mengatasi kemacetan di ruas Jalan Akasia
akibat bangkitan dan tarikan pergerakan pada MI Muhammadiyah Teluk Kuantan.
Metode yang digunakan Panduan Kapasitas Jalan Indonesia 2014 khususnya
untuk jalan perkotaan. Survei di lakukan selama 5 (lima) hari yaitu hari Kamis,
hari Jum’at, hari Senin, hari Selasa, dan hari Rabu. Dimana kondisi tertinggi
tarikan yaitu pada hari senin pukul 06.30 – 07.30 WIB yaitu sebesar 332 smp/jam,
sedangkan kondisi terendah yaitu pada hari kamis pukul 06.30 – 07.30 WIB
sebesar 209 smp/jam. Untuk bangkitan kondisi tertinggi pada hari kamis pukul
11.00 – 12.00 WIB sebesar 202,5 smp/jam, sedangkan kondisi terendah pada hari
rabu jam 12.00 – 13.00 WIB sebesar 147 smp/jam , dengan tingkat pelayanan
pada jam sibuk yaitu D (Mendekati arus yang tidak stabil. Dimana hampir seluruh
pengemudi akan dibatasi, volume pelayanan berkaitan dengan kapasitas yang
dapat ditolerir). Cara mengatasi kemacetan di ruas jalan Akasia akibat bangkitan
dan tarikan perjalanan MI Muhammadiyah Teluk Kuantan dengan mengubah
arus lalu lintas menjadi satu arah, dengan skenario ini didapatkan tingkat pelayan
yaitu B (dalam zona arus stabil. Pengemudi memiliki kebebasan yang cukup
dalam memilih kecepatan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kinerja Ruas Jalan, Bangkitan dan Tarikan Perjalanan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:37
Last Modified: 17 Jul 2024 02:37
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item
View Item