Search for collections on Repository UNIKS

PENGARUH PELAKSANAAAN STANDAR PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI ATPH DI SMK NEGERI 1 LOGAS TANAH DARAT KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Ravina, Darma Sari (2023) PENGARUH PELAKSANAAAN STANDAR PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI ATPH DI SMK NEGERI 1 LOGAS TANAH DARAT KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of Skripsi Ravina Darma Sari.pdf] Text
Skripsi Ravina Darma Sari.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya Hasil Belajar siswa seperti nilai
tidak mencapai KKM, padahal pembelajaran yang dilaksanakan sudah sesuai
standar proses yang ada. Seharusnya jika pembelajaran sudah menggunakan
standar proses yang tepat maka hasil belajar anak akan bagus, namun sebaliknya
hasil belajar anak masih rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian
tentang apakah ada atau tidaknya pengaruh pelaksanaan Standar Proses terhadap
Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas XI ATPH Di SMK Negeri 1 Logas Tanah Darat Kab. Kuantan Singingi.
Penelitian ini berjenis kuantitatif yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Logas
Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi, jumlah populasi pada penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI ATPH yang berjumlah 22 siswa sebagai responden
pada penelitian ini dan penarikan sampel dengan menggunakan teknik
Nonprobability Sampling (Sampling Purposive). Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, dengan analisis
data menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana yang diolah menggunakan
software SPSS 20. Adapun dari hasil penelitian yang peneliti lakukan pada
tanggal 14 Maret 2023 bahwa Guru PAI di SMK N 1 Logas Tanah Darat sudah
menerapkan Standar Proses Pembelajaran dengan baik, namun masih ada siswa /
siswi yang Memilki Hasil Belajar Yang rendah dan tidak memperhatikan
pembelajaran dengan baik. Pada Pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu
Angket, skala yang digunakan adalah skala likert yang interval skornya antara 1-4
dan kualitas Angket ini akan duji validitasnya dan reliabilitas instrumennya. Hasil
Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pelaksanaan Standar Proses sebagai
variabel (X) terhadap Hasil Belajar siswa sebagai variabel (Y). Hasil Nilai t
hitung sebesar 2,87 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 0,043. Hal ini juga dapat
dilihat pada nilai signifikansi (sig). Yaitu 0,000 lebih kecil dari signifikansi
probabilitas sebesar 0,05. Serta dilihat dari nilai Koefisien Determinasi ( R
Square) sebesar 0,312 atau jika dipresentasikan besaran pengaruh variabel X
terhadap variabel Y yaitu 32%. kesimpulannya dilihat r hitung 663 > 0,59
dikatakan reliabel, jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh variabel X
terhadap variabel Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Standar Proses, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:40
Last Modified: 17 Jul 2024 03:40
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item
View Item