Search for collections on Repository UNIKS

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTSN 1 KUANTAN SINGINGI (TP.2021/2022)

Winda, Puspita Dilla (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTSN 1 KUANTAN SINGINGI (TP.2021/2022). Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of SKRIPSI WINDA PUSPITA DILLA.pdf] Text
SKRIPSI WINDA PUSPITA DILLA.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Strategi pembelajaran afektif adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang
menekankan pada pembentukan sikap yang positif pada diri peserta didik. strategi
pembelajaran afektif pada umumnya menghadapkan peserta didik pada situasi
yang mengandung konflik atau situasi yang problematis. Melalui situasi ini
diharapakan peserta didik dapat mengambil keputusan berdasarkan nilai yang
dianggap baik. Pada kenyataannya siswa masih kurang sikap sosialnya. Sikap
sosial adalah kecenderungan individu untuk melakukan sebuah tindakan. Respon
yang terjadi dalam sikap merupakan respon yang konsisten Sikap tercermin dari
perilaku atau perbuatan dari setiap invidu, jika seseorang berperilaku baik maka
dapat dikatakan bahwa sikapnya pun baik. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk
mengetahui apakah ada Pengaruh Strategi Pembelajaran Afektif Terhadap Sikap
Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTSN 1
Kuantan Singingi (TP.2021/2022). Dalam penelitian ini terdapat variabel yang
diteliti. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIII MTsN 1 Kuantan Singingi dengan jumlah siswa 130 orang dan sampelnya
adalah 57 orang siswa, jumlah tersebut penulis ambil dengan cara teknik Teknik
Propotional Stratified Random Sampling pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara tidak terstruktur, angket yang bersifat tertutup dan dokumentasi
sekolah.Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Strategi
pembelajaran afektif) dan variabel y (Sikap sosial). Metode analisis data yang
digunakan dalam penelitian adalah Propotional Stratified Random Sampling.
Berdasarkan hasil analisis data, jika dibandingkan fhitung dengan f tabel pada
taraf signifikan 5% dapat diketahui bahwa (Fhitung) 30.007> (Ftabel) 1.69552
yang berarti fhitung lebih besar dari f tabel sehingga Ha diterima, H0 ditolak.
Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada Pengaruh Strategi Pembelajaran
Afektif Terhadap Sikap Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak:
Kelas VIII DI MTsN 1 Kuantan Singingi (TP.2021/2022).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran afektif, Sikap sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siswa Magang -
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:56
Last Modified: 18 Jul 2024 07:56
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item
View Item