Dodi, Indrawan (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SMPN 1 KUANTAN HILIR SEBERANG. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
SKRIPSI DODI INDRAWAN.pdf - Other
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti ditandai dengan
kurangnya pengetahuan siswa setelah pemberian tugas oleh guru pada mata
pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti, dan rendahnya kemampuan
siswa dalam memahami pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti.
Adanya sebagian siswa nilai ulangannya rendah pada mata pelajaran pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti. Dan guru masih menggunakan model pembelajarn
konvesional salah satunya metode ceramah. upaya yang dapat meningkatkan hasil
belajar siswa adalah peneliti melakukan eksperimen dikelas VII-2 dengan
menggunakan model pembelajaran yang lebih modern, salah satu contohnya
model pembelajaran kooperatif tipe pair check, dan dikelas VII-1 kelas kontrol.
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VII SMPN 1 Kuantan
Hilir Seberang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, yang dilaksanakan di
SMPN 1 Kuantan Hilir Seberang. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes dengan instrument berupa soal essai, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan software SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan
dari model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti
kelas VII SMPN 1 Kuantan Hilir Seberang, Berdasarkan hasil penelitian untuk
mengetahui pengaruh hasi belajar PAI peserta didik menggunakan uji t-test. Hasil
analisis data yaitu Thitung = 0,456 < Ttabel = 2,030 dan Sig. = 0,651 > 0,05 maka
HO diterima dan HI dotolak sehingga disimpulkan tidak terdapat pengaruh variabel
X terhadap Y.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif tipe pair check, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 07:25 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 07:25 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/402 |