Search for collections on Repository UNIKS

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME PELANGI PUTAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII C di MTs.N 1 KUANTAN SINGINGI

Hendra, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME PELANGI PUTAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII C di MTs.N 1 KUANTAN SINGINGI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of SKRIPSI HENDRA PAI.pdf] Text
SKRIPSI HENDRA PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis
game pelangi putar sebagai media untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
kelas VIII C di MTs.N 1 Kuantan Singingi pada mata pelajaran Akidah Akhlak;
mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis game pelangi putar
berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media; dan mengetahui
peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII C MTs.N 1 Kuantan Singingi
setelah menggunakan media pembelajaran berbasis game pelangi putar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development)
dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implemention, Evaluation). Media pembelajaran divalidasi oleh ahli materi dan
ahli media pembelajaran (dosen), 15 siswa uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa
uji coba lapangan. Pengukuran motivasi dilakukan di kelas VIII C sebelum dan
sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis game pelangi putar. Teknik
pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini melalui observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari angket dianalisis
secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan lima tahap dalam pembuatan media pembelajaran
berbasis game pelangi putar: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4)
Implementasi, 5) Evaluasi. Berdasarkan analisis peningkatan motivasi belajar
dengan uji t diperoleh thitung = 12,064 > ttabel = 2,039 dan Sig. 0,000 < 0,05.
Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran berbasis game pelangi
putar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah
Akhlak kelas VIII C di MTs.N 1 Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, game pelangi putar, Motivasi Belajar, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:34
Last Modified: 17 Jul 2024 07:34
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item
View Item