Elda, Yanti (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VII.1 DI SMP NEGERI 5 SINGINGI KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGING. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
PDF Skripsi Elda.pdf - Other
Download (1MB)
Abstract
Dari observasi awal dan wawancara dengan Guru PAI dan Budi Pekerti ketika peneliti mengadakan observasi langsung di kelas VII.1 SMP Negeri 5 Singingi, ada beberapa gejala yang terlihat diantaranya yaitu Dimulai ketika awal kegiatan guru membuka proses pembelajaran, terlihat beberapa anak yang sedang berbicara dengan teman sebangkunya, Beberapa orang siswa ada yang hanya cuek saja, melamun, dan ada juga yang tidur atau mengantuk. Hanya sedikit siswa yang antusias mengikuti proses pembelajaran PAI dan BP dengan semangat. Guru selalu berupaya agar membuat anak-anak bisa konsentrasi kembali dalam pembelajaran dan membangkitkan kembali motivasi belajar siswa. Guru belum menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti untuk membangkitkan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas VII.1 Di SMP Negeri 5 Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi Berdasarkan hasil pengumpulan data dengan cara observasi, test, wawancara dan dokumentasi, maka dianalisis data dengan menggunakan Grafik sesuai langkah-langkah PTK dengan hasil sebagai berikut Penerapan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 5 Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi, terbukti dengan persentase motivasi belajar siswa yang terus meningkat pada setiap siklusnya, Pra Siklus hanya 11,81% siswa yang memiliki motivasi belajar, pada Siklus I ternyata naik menjadi 27,27% siswa, pada Siklus II terus naik menjadi 73,18% siswa dan pada Siklus III sudah mencapai 92,27% siswa kelas VII.1 memiliki motivasi belajar. Faktorfaktor yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran Card Sort untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 5 Singingi Kecamatan Singingi berdasarkan pengamatan peneliti adalah: Kurangnya pemahaman siswa pada strategi dan teknik Card Sort dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang terapkan oleh guru. Kurangnya kemampuan siswa dalam berfikir cepat untuk memburu waktu. Dalam mencocokkan antara kartu soal dengan kartu jawaban dan Kemampuan siswa kurang dalam berbicara tanpa konsep, hal ini terlihat ketika presentase siswa kurang berkomentar dan agak pasif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Card Sort , Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:06 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:06 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/414 |