SRI, WULANDARI (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV SD-IT ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ DESA LOGAS KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
![[thumbnail of SKRIPSI SRI WULANDARI.pdf]](http://repository.uniks.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SRI WULANDARI.pdf - Other
Download (4MB)
Abstract
Penelitian metode demonstrasi berbantu media audiovisual merupakan salah satu
usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu fiqih. Hal ini
dilakukan karena masih rendahnya hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari nilai siswa
yang tidak mencapai KKM, nilai ulangan yang cukup rendah, kurangnya konsentrasi
belajar siswa dan kurangnya kedisiplinan siswa dalam mengerjakan tugas sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
fiqih dengan menggunakan metode demonstrasi berbantu media audio visual.
Metode penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dimana pada penelitian ini terdapat III siklus dengan empat tahapan yaitu: dimulai
dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tertulis, dan
dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: pada kegiatan pra
siklus yang dilakukan oleh peneliti nilai rata-rata hasil belajar siswa hanya 71,68 atau
40% saja, kemudian peneliti melakukan tindakan siklus I yang mana nilai rata-rata hasil
belajar siswa mulai meningkat yaitu 74,8 atau 60%, lalu mengalami peningkatan kembali
pada siklus II yaitu 77,2 atau 72%, kemudia pada siklus terakhir atau siklus III meningkat
kembali yaitu 80,8 atau 84%. Pada saat penerapan metode demonstrsi berbantu media
audio visual siklus I peneliti telah menerapkan langkah-langkah tersebut dengan benar
dan sudah 6 item atau 60% yang terlaksana dan hanya 4 item atau 40% yang belum
terlaksana. Pada siklus II peneliti sudah terlaksana 8 item atau 80% sedangkan pada siklus
III mengalami peningkatan yaitu sudah 10 item atau 100% yang terlaksana dengan benar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audiovisual Media Assisted Demonstration Method, Learning Outcomes |
Subjects: | Pendidikan > Sekolah dan Aktivitasnya; Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siswa Magang - |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:13 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 03:13 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/425 |