Search for collections on Repository UNIKS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XI 1 SMAN 2 SINGINGI KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Syamsul, Arifin (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XI 1 SMAN 2 SINGINGI KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of Syamsul Arifin.pdf] Text
Syamsul Arifin.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sarana penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya
manusia dan mencapai pembangunan negara yang berkelanjutan. Model
pembelajaran yang dapat meningkatkan perhatian dan kecepatan berpikir siswa.
Penelitian ini dilatarbelakangi siswa merasa bosan saat menjelaskan pelajaran dan
tidak aktif ketika guru meminta mereka merespon saat menjelaskan pelajaran.
Subyek penelitian ini adalah guru PAI BP, siswa kelas XI 1, Kepala Sekolah dan
Waka Kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas XI 1 SMAN 2 Singingi
Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Metode pengumpulan datanya
menggunakan metode observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Penelitian ini
menggunakan metode analisis Deskriptif Kualitatif. Hasil Penelitian
menunjukkan aktifitas guru dalam pembelajaran adalah 93%, dan aktifitas Murid
adalah 87,5%. Pelaksanaan utama Scramble yang diterapkan oleh guru sudah
tergolong sangat baik, namun ada beberapa hal yang belum terlaksana dengan
baik yaitu ketepatan pengumpulan sesuai waktu. guru menyajikan materi yang
dipelajari, kemudian membagikan lembar pekerjaan kepada siswa, siswa
menjawab pertanyaan dan mulai Bekerja, guru memeriksa pekerjaan siswa, siswa
mengumpulkan pekerjaan dan guru memberi apresiasi kepada siswa yang telah
mengerjakan pekerjaan dengan baik dan memberi semangat kepada siswa yang
tidak mengerjakan pekerjaan dengan baik. Faktor yang menyebabkan siswa
kurang terlibat dalam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Scramble, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siswa Magang -
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:18
Last Modified: 02 Aug 2024 04:18
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item
View Item