Search for collections on Repository UNIKS

PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PAKERTI KELAS X DI SMK NEGERI 1 LOGAS TANAH DARAT KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Rosi, Oprianti (2023) PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PAKERTI KELAS X DI SMK NEGERI 1 LOGAS TANAH DARAT KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of SKRIPSI ROSI OPRIANTI.pdf] Text
SKRIPSI ROSI OPRIANTI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kedisiplinan belajar siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar yang dilakukan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti di SMK Negeri 1 Logas Tanah Darat. Dalam proses pembelajaran ditemukannya permasalahan sebagai berikut: (1) Masih ada siswa yang terlambat masuk ke dalam kelas, (2) Masih ada siswa yang tidak fokus mengikuti pembelajaran, (3) Masih ada siswa yang ribut pada saat guru menjelaskan materi pelajaran, (4) Masih ada siswa yang belum terlibat dalam proses belajar, (5) Kekurangan waktu siswa pada saat mengerjakan tugas-tugas dalam proses belajar, (6) Masih ada siswa yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti Kelas X di SMK Negeri 1 Logas Tanah Darat. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Deskriptif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan analisis Korelasi dan analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh keterampilan mengelola kelas sebagai variabel (X) terhadap disiplin belajar siswa sebagai variabel (Y). karena nilai Korelasi 0,230 berada pada tingkat hubungan yang rendah. Demikian pula dengan nilai Signifikansi (Sig) 0,315 lebih besar dari 0,05, atau 0,315 > 0,05. Begitu pula dengan nilai t hitung 1,031 lebih kecil < dari nilai t tabel 2,093, atau 1,031 < 2,093. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh keterampilan mengelola kelas terhadap kedisiplinan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengelola Kelas, Disiplin Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siswa Magang -
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:14
Last Modified: 29 Jul 2024 04:14
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item
View Item