Hazman, - (2022) PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS V SDN 015 JAKE KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
SKRIPSI_HAZMAN S.Pd (2) - Hazman Aman.pdf - Other
Download (7MB)
Abstract
Proses pembelajaran selalu menuntut siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Upaya yang selalu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan melakukan interaksi edukatif. Idealnya apabila interaksi edukatif terlaksana dengan baik maka akan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Namun pada siswa kelas V SDN 015 Jake justru terjadi yang sebaliknya. Motivasi belajar siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari indikator seperti masih ada siswa yang kurang mandiri dalam belajar, sering menunda mengerjakan tugas, terlambat mengumpulkan tugas, tidak memeriksa kelengkapan tugas, sering tidak hadir, tidak menguasai materi pembelajaran, tugas harian masih ada yang dikerjakan oleh orangtuanya, tidak mempelajari materi yang ditugaskan oleh guru pada pertemuan sebelumnya, banyak diam dari pada berbicara, tidak mampu mempertahankan pendapatnya. Berdasarkan latar belakang dan fenomena di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh interaksi edukatif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas V SDN 015 Jake Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif kausal, yang dilaksanakan di SDN 015 Jake Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Teknik pengumpulan data primer yang digunakan adalah angket. Sedangkan untuk mengumpulkan data sekunder peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana yang kemudian diolah menggunakan Softwere SPSS 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Sig.) 0,023 lebih kecil dari probabilitas 0,05. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai t hitung 2,354 lebih besar dari nilai t tabel 2,021. Serta dapat dilihat dari nilai Koefisien Determinasi (R Squere) sebesar 0,117 atau jika di persentasekan besaran pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 11.7%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh interaksi edukatif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas V SDN 015 Jake Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Edukatif, Motivasi Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 01:51 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 01:51 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/46 |