Search for collections on Repository UNIKS

PENGARUH METODE YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRIWATI KELAS VIII DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL-MA’ARIF DESA AIR MAS KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

LIANA, IRMA DAMAYANTI (2023) PENGARUH METODE YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRIWATI KELAS VIII DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL-MA’ARIF DESA AIR MAS KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of FULL_SKRIPSI_LIANA_IRMA_DAMAYANTI_.pdf] Text
FULL_SKRIPSI_LIANA_IRMA_DAMAYANTI_.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat tentang pengaruh metode yanbu‟a terhadap
kemampuan membaca Al-Qur‟an santriwati kelas VIII di Madrasah Diniyah
Pondok Pesantren Al-Ma‟arif Desa Air Mas Kecamatan Singingi Kabupaten
Kuantan Singingi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh santri Madrasah Diniyah
Pondok Pesantren Al-Ma‟arif banyak yang sudah bisa membaca Al-Qur‟an akan
tetapi ada beberapa santri dalam membaca Al-Qur‟an belum sesuai dengan kaidah
yang telah ditentukan, seperti kurang memahami hukum bacaan tajwid,
makharijul huruf, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk memudahkan santri
mampu dalam membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah
yang telah ditentukan, perlu digunakan metode tertentu. Metode yang digunakan
dalam pembelajaran Al-Qur‟an di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al
Ma‟arif adalah metode Yanbu‟a.
Metode Yanbu‟a merupakan panduan membaca, menulis dan
menghafal Al-Quran yang disusun berdasarkan tingkatan pembelajaran Al
Quran dari mengenal huruf hijaiyah, membaca kemudian menulis huruf
hijaiyah dan akhirnya mengetahui kaidah atau hukum-hukum membaca Al-Quran
yang disebut tajwid. Metode Yanbu‟a merupakan metode pembelajaran yang
dilengkapi dengan pemilihan materi pembelajaran membaca dan teknik
penyampaiannya kepada santri yang dirasa sangat simpel, efektif dan universal.
Harapannya para santri mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai
dengan kaidah yang telah ditentukan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian
pengaruh metode yanbu‟a terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang
signifikan penggunaan metode yanbu‟a terhadap kemampuan membaca Al
Qur‟an santriwati kelas VIII di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Ma‟arif
Air Mas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel penelitian
x
berjumlah 27 orang. Adapun teknik pengumpulan data primer yang digunakan
adalah angket dan tes. Responden dalam penelitian ini adalah santriwati kelas
VIII, terdapat dua variabel penelitian yaitu Metode Yanbu‟a dan Kemampuan
Membaca Al-Qur‟an, adapun teknik analisis datanya menggunakan Teknik
Analisis Regresi Linear Sederhana.
Setelah dilakukan perhitungan, dapat disimpulkan bahwa pernyataan yang
diujikan valid secara keseluruhan karena thitung > ttabel yaitu dengan nilai thitung
6,603 dan nilai ttabel 2,060. Nilai koefisien regresi adalah sebesar 2.531 yang
artinya bahwa setiap peningkatan Metode Yanbu‟a sebesar (satu) satuan maka
akan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an santriwati sebesar 2.531,
koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,636, maka presentase pengaruh
variabel bebas (Metode Yanbu‟a) terhadap variabel terikat (Kemampuan
Membaca Al-Qur‟an) pada penelitian ini adalah 63,6 %. Nilai signifikansi (sig.)
0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka ditemukan bahwa
ada pengaruh Metode Yanbu‟a terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur‟an
Santriwati Kelas VIII di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Ma‟arif Air
Mas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Yanbu’a, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.
Subjects: Agama > Agama Islam
Depositing User: Siswa Magang -
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:18
Last Modified: 02 Jul 2025 03:18
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item
View Item