Search for collections on Repository UNIKS

PENERAPAN MODEL EXPLICIT INTRUCTION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS III DI PDTA MIFTAHUL FALLAH DESA KOTO KOMBU

Kevin Dharma, Putra PENERAPAN MODEL EXPLICIT INTRUCTION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS III DI PDTA MIFTAHUL FALLAH DESA KOTO KOMBU. ENERAPAN MODEL EXPLICIT INTRUCTION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS III DI PDTA MIFTAHUL FALLAH DESA KOTO KOMBU. (Submitted)

[thumbnail of KevinDharma Putra (2).pdf] Text
KevinDharma Putra (2).pdf - Other

Download (654kB)

Abstract

Model Explicit Intruction disebut juga dengan direct instruction (pengajaran langsung) merupakan
salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang
berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik
yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah.
Adapun Tujuan penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Model Explicit Intruction dapat
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas III Di PDTA Miftahul Fallah
Desa Koto Kombu.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas
adalah pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja di munculkan
oleh guru di dalam kelasnya sendiri. Adapun kesimpulan penelitian dari “Penerapan Model Explicit
Intruction dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas III Di PDTA
Miftahul Fallah Desa Koto Kombu”adalah, mengalami peningkatan, Mulai pra Siklus hanya 5 orang
yang belum bisa dan Pada Siklus I yang Tidak bisa itu hanya 3 orang sedangkan pada Siklus II sudah
hampir merata peningkatannya yaitu 11 orang yang sudah bisa. Kemudian faktor-faktor yang
mempengaruhi Penerapan Model Explicit Intruction dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Fiqih Kelas III Di PDTA Miftahul Fallah Desa Koto Kombu adalah1. Guru membuat
pelaksanaan tindakan dengan baik yang sesuai dengan alokasi waktu.2. Guru memperbaiki
pengelolaan kelas dengan cara memperhatikan seluruh kegiatan siswa, melibatkan siswa dalam proses
pembelajaran dalam bentuk tanya jawab. 3. Memberikan contoh soal yang lebih bervariasi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Explicit Intruction Dan Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Agama > Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siswa Magang -
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:26
Last Modified: 02 Jul 2025 03:26
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item
View Item