KEVIN, DHARMA PUTRA (2023) PENERAPAN MODEL EXPLICIT INTRUCTION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS III DI PDTA MIFTAHUL FALLAH DESA KOTO KOMBU. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
![[thumbnail of KevinDharma Putra.pdf]](http://repository.uniks.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KevinDharma Putra.pdf - Other
Download (583kB)
Abstract
Model Explicit Intruction disebut juga dengan direct instruction (pengajaran
langsung) merupakan salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus
untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan
deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat
diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah.
Adapun Tujuan penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Model Explicit
Intruction dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih
Kelas III Di PDTA Miftahul Fallah Desa Koto Kombu.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan
kelas adalah pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang
sengaja di munculkan oleh guru di dalam kelasnya sendiri. Adapun kesimpulan
penelitian dari “Penerapan Model Explicit Intruction dapat Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas III Di PDTA Miftahul
Fallah Desa Koto Kombu”adalah, mengalami peningkatan, Mulai pra Siklus
hanya 5 orang yang belum bisa dan Pada Siklus I yang Tidak bisa itu hanya 3
orang sedangkan pada Siklus II sudah hampir merata peningkatannya yaitu 11
orang yang sudah bisa. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi Penerapan
Model Explicit Intruction dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Fiqih Kelas III Di PDTA Miftahul Fallah Desa Koto Kombu adalah1.
Guru membuat pelaksanaan tindakan dengan baik yang sesuai dengan alokasi
waktu.2. Guru memperbaiki pengelolaan kelas dengan cara memperhatikan
seluruh kegiatan siswa, melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dalam
bentuk tanya jawab. 3. Memberikan contoh soal yang lebih bervariasi, dan
memberikan tugas rumah berupa soal tambahan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Model Explicit Intruction Dan Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | Agama > Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siswa Magang - |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:26 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 03:26 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/479 |