Nopita, Eliansari (2023) APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG PENGENALAN HEWAN DENGAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) DI PAUD KB SAKINAH. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
Nopita Eliansari.pdf - Other
Download (2MB)
Abstract
Media Pembelajaran secara umum adalah alat bantu dalam proses belajar mengajar. Pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran atau dikenal dengan CAI (Computer Assisted Instruction) adalah suatu sistem penyampaian materi pembelajaran yang berbaisis microprosesor yang pelajarannya dirancang dan diprogram kedalam sistem. Hal ini dapat menjadi sarana pembelajaran yang inovatif dibandingkan dengan papan tulis dan kapur. Dalam hal ini komputer akan menampilkan pembelajaran dalam berbagai media (teks, gambar, suara, dan vidio). PAUD KB SAKINAH merupakan pendidikan anak usia dini yang berada di kampung baru ibul. Media pembelajaran yang digunakan saat ini di PAUD KB SAKINAH untuk pengenalan hewan adalah menggunakan kertas Origami yang dapat digunakan sebagai sarana visual. Adapun tujuan dari penelitian ini membuat aplikasi media pembelajaran pengenalan hewan yang lebih menarik dan interaktif agar mempermudah guru dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Waterfall (berurutan) yang terdiri dari enam tahapan yaitu requirement (analisa kebutuhan), design system (desain sistem), coding (pengkodean), testing (pengujian) dan operation & Mintence (pemeliharaan). Dari penelitian ini menghasilkan Aplikasi media pembelajaran interaktif pengenalan hewan di PAUD KB SAKINAH
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Pengenalan Hewan, CAI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Siswa Magang - |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 04:22 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 04:22 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/489 |