Search for collections on Repository UNIKS

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA SISWI SMP NEGERI 7 SINGINGI

Okta, Viana Mahmuda (2023) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA SISWI SMP NEGERI 7 SINGINGI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of Skripsioktavianamahmuda.pdf] Text
Skripsioktavianamahmuda.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), 2023. al-Quran merupakan wahyu
yang diturunkan Allah SWT sebagai petunjuk bagi manusia dalam menjalankan
kehidupan dimuka bumi, yang dengannya manusia dapat membedakan kebaikan
dan keburukan, kebenaran dan kedzaliman, agar manusia tidak tersesat pada
kehidupan yang merugikan manusia itu sendiri oleh karenanya wajib dipelajari.
Pembelajaran membaca al-Quran merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi
SMP N 7 Singingi yaitu mewujudkan generasi mandiri dan berakhlak mulia.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan siswa dalam membaca
al-Quran pada siswa kelas SMP N 7 Singingi, serta mencari solusi untuk
mengatasi kesulitan tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kualitatif Penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset
yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Pendekatan
kualitatif dipilih, dikarenakan obyek yang akan diteliti berlangsung dalam latar
yang wajar dan bertujuan untuk mengetahui, memahami, dan menghayati dengan
seksama dan secara lebih mendalam tentang kesulitan membaca al-Qur’an di SMP
N 7 Singingi. Jenis penelitian ini akan menggunakan rancangan studi kasus, yaitu
menganalisis materi pembelajaran Al Quran di kelas rendah, kesulitan yang
dihadapi siswa dalam membaca al-Quran, serta metode belajar membaca al-Quran
untuk dijadikan solusi sesuai dengan kesulitan yang dihadapi dan harapan yang
diinginkan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa SMP N 7 Singingi
mengalami kesulitan dalam membaca Al qur’an antara lain: materi membaca alQuran di kelas rendah terdiri dari: 1) membaca huruf hijaiyah dan harkatnya,
membaca huruf bersambung, dan membaca huruf mad dan huruf lain, 2) kesulitan
dalam pengenalan huruf baik berdiri sendiri maupun huruf bersambung, kesulitan
membaca huruf sesuai makhraj dan kesulitan membaca panjang pendek dan huruf
lain. Solusi yang pembelajaran membaca menggunakan metode yang mudah
dipelajari

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Difficulty, Reading, Al-Qur'an
Subjects: Agama > Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siswa Magang -
Date Deposited: 05 Nov 2024 05:01
Last Modified: 05 Nov 2024 05:01
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item
View Item