Search for collections on Repository UNIKS

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK TABUNGAN HAJI DI BANK RIAU KEPRI SYARIAH

Rosa, Erlina (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK TABUNGAN HAJI DI BANK RIAU KEPRI SYARIAH. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of Skripsi Rosa Erlina.pdf] Text
Skripsi Rosa Erlina.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya jumlah nasabah yang memilih produk Tabungan Haji (iB Dhuha) di PT. Bank Riau Kepri Syariah Capem Teluk Kuantan di bandingkan dengan Bank Syariah lainnya. Hal itu terjadi semenjak PT. Bank Riau Kepri Capem Syariah Teluk Kuantan bekerjasama dan membuka cabang di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi. Adapun prosedur pembukaan produk Tabungan Haji yaitu Nasabah datang ke Bank Riau Kepri Syariah dengan membawa persyaratan Identitas Diri lalu mengisi formulir pembukaan rekening tabungan haji, kemudian membawa setoran Tabungan Haji sebesar Rp. 25.000.000 untuk mendapatkan nomor validasi, Kemudian nasabah melakukan pendaftaran haji di Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi dengan membawa dokumen dari Bank dan persyaratan lainnya sesuai dengan ketentuan, kemudian nasabah didaftarkan melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu untuk mendapatkan nomor urut porsi keberangkatan haji. Setelah didaftarkan, nasabah mengisi data sebagai calon jamaah haji. Selanjutnya simpan bukti pendaftaran haji tersebut untuk berangkat haji. Ketika tiba waktu pelunasan, lakukan penyetoran BPIH lunas di Bank Riau Kepri Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam memilih produk tabungan haji di PT. Bank Riau Kepri Capem Syariah Teluk Kuantan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sampel berjumlah 43 nasabah. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonproblity sampling jenis Sampling insidential. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 2.0. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel promosi mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat nasabah dengan nilai thitung 9,205 > ttabel 1,684 dan Signifikansi 0.000 < 0,05. Variabel Lokasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat nasabah dengan nilai thitung 3.219 > ttabel 1,684 dan Signifikansi 0.003 < 0,05. Sedangkan variabel pengetahuan produk tidak berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dengan nilai thitung -2.018 < ttabel 1,684 dan Signifikansi 0.050 > 0,05. Berdasarkan hasil analisis uji F menunjukkan Fhitung 277.518 > Ftabel 2,85 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan 95,5% minat di pengaruhi oleh variabel independen (Promosi, lokasi, pengetahuan produk). Sedangkan 5% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Faktor Promosi, Faktor Lokasi, Faktor Pengetahuan Produk, Minat Nasabah dalam memilih Produk Tabungan Haji
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Perbankan Syrariah
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:06
Last Modified: 13 Jun 2024 03:06
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item
View Item