Search for collections on Repository UNIKS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PADA SANTRI/YAH KELAS X MA DI PONDOK PESANTREN KH. AHMAD DAHLAN TELUK KUANTAN

Juandra, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PADA SANTRI/YAH KELAS X MA DI PONDOK PESANTREN KH. AHMAD DAHLAN TELUK KUANTAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of SKRIPSI_JUANDRA.pdf] Text
SKRIPSI_JUANDRA.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwasannya metode pembelajaran
itu sangat bervariatif sehingga guru harus pandai memilih metode pembelajaran
yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Dilapangan peneliti menemukan
permasalahan bahwa guru hanya menerapkan metode yang monoton yaitu
menggunakan metode ceramah sehingga membuat peserta didik merasa jenuh
sehingga belum mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal terlihat dari hasil
belajar peserta didik yang persentasenya cukup rendah. Disini peneliti hendak
menerapkan salah satu dari sekian banyak metode yaitu metode Numbered Head
Together. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action
Research), penggumpulan data menggunakan Observasi, Tes dan dokumentasi.
Untuk analisis data hasil tes menggunakan kuantitatif dan yang lainnya dianalisis
secara kualitatif deskriptif dengan cara membandingkan hasil belajar peserta didik
sebelum tindakan dangan hasil belajar setelah tindakan. Adapun hasil dari
penelitian ini dapat dilihat pada saat kegiatan awal yaitu pra-siklus, pada saat pra
siklus aktivitas guru hasil akhir 73, pada siklus-I adalah 76,6 dan siklus-II adalah
86,6. Adapun untuk aktivitas siswa pra siklus adalah 65, pada siklus-I adalah 70
dan siklus-II adalah 87,5. Lalu untuk hasil belajar siswa bisa dilihat sebagai
berikut; Pra-Siklus dengan jumlah hasil belajar 995 dengan rata-rata 66,33, siswa
yang tidak tuntas berjumlah 6, siswa yang tuntas 7 serta nilai ketuntasan 46,66 %.
Setelah melakukan kegiatan siklus-I dengan menggunakan metode Numbered
head Together menunjukan hasil belajar 1150 dengan rata-rata 76,66, siswa yang
tidak tuntas 5, siswa yang tuntas 10 serta nilai ketuntasan 66,66 %. Selanjutnya
melakukan kegiatan siklus-II dengan menggunakan Metode Numbered Head
Together dibantu ceramah dikelas menunjukan data sebagai berikut; jumlah hasil
belajar 1160 dengan rata-rata 77,33, siswa yang tidak tuntas berjumlah 0 orang,
siswa yang tuntas berjumlah 15 orang serta untuk nilai ketuntasannya mencapai
100 %. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif dengan penggukuran
hasil tes belajar terlihat dari pra-siklus, siklus-I dan siklus-II sudah meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Aktivitas Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Sekolah dan Aktivitasnya; Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siswa Magang -
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:32
Last Modified: 19 Aug 2024 06:32
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item
View Item