DHEA, HUTRI KHAIRUNNISA (2024) PENERAPAN METODE MUROJA’AH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VIII2 DI MTs MUHAMMADIYAH LUBUK JAMBI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
Skripsi Ringkasan - Dhea hutri Khairunnisa.pdf - Other
Download (960kB)
DHEA SKRIPSI FULL- Dhea hutri Khairunnisa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Penerapan Metode
Muroja’ah Dapat Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Kelas
VIII2 di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi. Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas
VIII2 yang berjumlah 28 orang. Objek dari penelitian ini adalah Penerapan
Metode Muroja’ah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik
Kelas VIII2 Di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Tes dan Dokumentasi.
Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahap yaitu tahap pra siklus, siklus
I, siklus II dan siklus III. Dalam proses menghafal peserta didik mengalami
berbagai kendala seperti tidak semangat muroja’ah, tidak semangat
menyetorkan hafalan, pemahaman setiap peserta didik yang berbeda
sehingga mengakibatkan kurangnya dalam menghafal Al-Qur’an. Setelah
dilaksanakannya tes pada setiap siklus maka penerapan metode muroja’ah
dinyatakan dapat meningkatkan hafalan yang ditunjukkan dengan nilai rata
rata pra siklus 14%, pada siklus I menjadi 32%, pada siklus II menjadi 53%
dan pada siklus III menjadi 67%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Muroja’ah, Meningkatkan Hafalan Al Qur’an. |
Subjects: | Agama > Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 04:11 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:11 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/603 |