RIKA, SUSANTI (2024) PENGARUH PROGRAM PENDIDIKAN BAHASA ARAB (DAURAH ARABIYYAH) TERHADAP KEMAMPUAN MAHARAH AL-KALAM BAGI SANTRI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN KH AHMAD DAHLAN KEC. KUANTAN TENGAH KAB. KUANTAN SINGINGI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
Rika Susanti Skripsi Rinkasan.pdf - Other
Download (6MB)
SKRIPSI FULL RIKA SUSANTI.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan Maharah Al-Kalam yang berkaitan erat
dengan pendidikan agama Islam sebagai bahasa tuturan Al-Qur’an maupun hadits.
Kemampuan tersebut dapat dipengaruhi oleh pelaksanaan Program Pendidikan Bahasa
Arab (Daurah Arabiyyah). Namun di Pondok Pesantren KH. Ahmad Dahlan Kecamatan
Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, masih cukup banyak santri/yah peserta
Program Pendidikan Bahasa Arab (Daurah Arabiyyah) yang belum mampu menjawab
pertanyaan secara lisan ketika ujian dengan bahasa Arab, belum aktif menggunakan
bahasa Arab, dan belum menguasai kosa kata secara baik dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Program
Pendidikan Bahasa Arab (Daurah Arabiyyah) Terhadap Kemampuan Maharah Al
Kalam Bagi Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan Kecamatan
Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif
dengan sampel yang berjumlah 24 orang, yakni santri/yah peserta Program Pendidikan
Bahasa Arab (Daurah Arabiyyah). Teknik pengumpulan data primer menggunakan
Angket dan dokumentasi, didukung wawancara sebagai sumber sekunder. Adapun
teknik analisis menggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa tidak ada pengaruh Program Pendidikan Bahasa Arab (Daurah Arabiyyah)
Terhadap Kemampuan Maharah Al-Kalam Bagi Santri Madrasah Aliyah Pondok
Pesantren KH. Ahmad Dahlan. Hal ini dikarenakan nilai t-hitung -0,319 lebih kecil dari
nilai t-tabel 2,074. Demikian pula pada nilai signifikansi 0,753 yang lebih besar dari
nilai probabilitas 0,05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan Maharah Al-Kalam yang berkaitan erat dengan pendidikan agama Islam sebagai bahasa tuturan Al-Qur’an maupun hadits. Kemampuan tersebut dapat dipengaruhi oleh pelaksanaan Program Pendidikan Bahasa Arab (Daurah Arabiyyah). Namun di Pondok Pesantren KH. Ahmad Dahlan Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, masih cukup banyak santri/yah peserta Program Pendidikan Bahasa Arab (Daurah Arabiyyah) yang belum mampu menjawab pertanyaan secara lisan ketika ujian dengan bahasa Arab, belum aktif menggunakan bahasa Arab, dan belum menguasai kosa kata secara baik dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Program Pendidikan Bahasa Arab (Daurah Arabiyyah) Terhadap Kemampuan Maharah Al Kalam Bagi Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel yang berjumlah 24 orang, yakni santri/yah peserta Program Pendidikan Bahasa Arab (Daurah Arabiyyah). Teknik pengumpulan data primer menggunakan Angket dan dokumentasi, didukung wawancara sebagai sumber sekunder. Adapun teknik analisis menggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh Program Pendidikan Bahasa Arab (Daurah Arabiyyah) Terhadap Kemampuan Maharah Al-Kalam Bagi Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren KH. Ahmad Dahlan. Hal ini dikarenakan nilai t-hitung -0,319 lebih kecil dari nilai t-tabel 2,074. Demikian pula pada nilai signifikansi 0,753 yang lebih besar dari nilai probabilitas 0,05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. |
Subjects: | Pendidikan > Sekolah dan Aktivitasnya; Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 04:14 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:14 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/606 |