SEPTI, KARTIKA SARI (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP TELUK KUANTAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
SKRIPSI FULL SEPTI KARTIKA SARI.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
SKRIPSI RINGKASAN Septi Kartikasari.pdf - Other
Download (1MB)
Abstract
Fasilitas mobile banking dapat memudahkan dan memberikan pelayanan transaksi
keuangan maupun non keuangan bagi nasabah, dengan menggunakan mobile banking pekerjaan
nasabah akan lebih mudah dan cepat terselesaikan. Fasilitas mobile banking memberikan layanan
cepat, aman, nyaman, murah dan tersedia setiap saat serta dapat diakses dari mana saja. Nasabah
Bank Syariah Indonesia Kcp. Teluk Kuantan berjumlah 48.000 Nasabah, Nasabah yang
menggunakan mobile banking berjumlah 8.500 nasabah. Jumlah penggunaan nasabah di Bank
Syariah Indonesia KCP Teluk Kuantan tidak sebanding dengan jumlah nasabah yang
menggunakan mobile banking. Jumlah nasabah yang besar sedangkan jumlah nasabah yang
menggunakan mobile banking yang sedikit.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode pendekatan deskriptif
kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu kuesioner/angket, wawancara, observasi dan
dokumentasi. Jumlah populasinya yaitu 8.500 dan sampel berjumlah 44 responden. Konsep
operasionalnya yaitu minat pengguna, kemudahan pengguna, kemanfaatan, keamanan,
kepercayaan dan faktor yang mempengaruhi minat nasabah (faktor internal dan faktor eksternal)
yang dijadikan sebagai point pada pertanyaan kuesioner/angket penelitian. Untuk metode analisa
data menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan spss
versi.21. dan menggunakan uji signifikansi secara parsial ( uji T ), uji simultan ( uji F ) dan
koefisien determinasi ( R2 ).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model layanan mobile banking Bank Syariah
Indonesia Kcp. Teluk Kuantan terdapat beberapa fitur yaitu transfer dana, informasi rekening,
pembayaran, , pembelian, layanan islami, berbago-ziswaf, e-mas, favorit, tarik tunai, buka
rekening, top-up, e-commerce, transaksi terjadwal, pembiayaan. Fitur pada BSI Mobile yang
paling banyak digunakan yaitu pembelian, pembayaran dan transfer karena fitur ini banyak
dibutuhkan oleh nasabah. Hasil pengujian faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah
menggunakan mobile banking menunjukkan bahwa yang paling berpengaruh pada pada minat
nasabah adalah kemudahan pengguna dengan persentase 14,1%, minat pengguna berpengaruh
pada minat nasabah dalam penggunaan mobile banking dengan persentase 4,2%, Kemanfaatan
berpengaruh pada minat nasabah dalam penggunaan mobile banking dengan persentase 6%,
kepercayaan tidak berpengaruh dalam penggunaan mobile banking bank syariah dengan
persentase 5,3%, dan yang paling terakhir yaitu keamanan tidak berpengaruh ada minat nasabah
dalam penggunaan mobile banking dengan persentase 1,6%
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, mobile banking, bank syariah |
Subjects: | Agama > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Perbankan Syrariah |
Depositing User: | Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 04:41 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:41 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/619 |