Search for collections on Repository UNIKS

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PERSAMAAN REAKSI KIMIA KELAS X IPA SMAN 1 PANGEAN

Alpan, Suhari (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PERSAMAAN REAKSI KIMIA KELAS X IPA SMAN 1 PANGEAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of SKRIPSI ALPAN SUHARI.pdf] Text
SKRIPSI ALPAN SUHARI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Kimia pokok bahasan persamaan reaksi kimia yang valid berdasarkan validasi ahli materi, validasi ahli bahasa, validasi ahli media dan validasi respon peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan proses pengembangan mengacu kepada model pengembangan 4-D. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung skor persentase penilaian validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan memenuhi kategori valid dari 3 ahli materi sebesar 88,76%, 3 ahli media sebesar 89,05%, 3 ahli bahasa sebesar 94,29%. Media pembelajaran ini juga memenuhi kategori valid yang mana Peserta didik dapat menggunakannya dengan 98,56%. Berdasarkan penilaian tersebut Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning pada materi persamaan reaksi kimia sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, LKPD Berbasis PBL, Stoikiometri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:42
Last Modified: 13 Jun 2024 07:42
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item
View Item