ANGGA, NOVRIWAN (2021) PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN METODE JAPAN ROAD ASSOCIATION (JRA) GERINGGING BARU-JAKE. PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN METODE JAPAN ROAD ASSOCIATION (JRA) GERINGGING BARU-JAKE. (Submitted)
![[thumbnail of SKRIPSI ANGGA N.pdf]](http://repository.uniks.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ANGGA N.pdf - Other
Download (663kB)
Abstract
Dalam tinjauan perencanaan tebal perkerasan pada ruas jalan Geringging Baru – Jake Kabupaten
Kuantan Singingi ini digunakan beberapa data. Adapun data yang digunakan yaitu berupa data sekunder
yang diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kuantan Singingi, dianatara data himpunan
perhitungan lalu – lintas berbentuk formulir selama 24 jam, data CBR lapangan, data curah hujan. Dalam
analisa tebal perkerasan ini digunakan Metode Bina Marga dan Metode JRA (Japan Road Ass) untuk
menghitung tebal perkerasan yang efisien dan ekonomis.
Berdasarkan analisa data lalu – lintas harian rata – rata tahun 2021 pada ruas jalan Geringging Baru –
Jake adalah (i) = 5% pertahun. Sedangkan untuk tebal perkerasan dengan Metode Bina Marga diperoleh
tebal lapisan permukaan = 5 cm, pondasi atas = 10 cm, dan pondasi bawah = 11 cm, sedangkan hasil analisa
dari penulis untuk Metode JRA (Japan Road Ass) diperoleh tebal Lapisan Permukaan = 5 cm, pondassi atas
= 20 cm, dan pondasi bawah = 41 cm,dari hasil analisis tersebut Metode Bina Marga lebih ekonomis dan
efisien dari pada Metode JRA (Japan Road Ass).
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa susunan lapisan perkerasan jalan raya yang sudah ada
tersebut belum memenuhi syarat karena hasil analisa yang didapat berbeda dari hasil perencana. Perbedaan
hasilnya dipengaruhi oleh ketelitian dari data CBR, data LHR dan data curah hujan. Oleh karena adanya
kendaraan yang memiliki beban berlebih yang melewati ruas jalan tersebut, maka disarankan untuk
membatasi kendaraan yang memiliki beban berlabih agar tidak melewati ruas jalan tersebut, sehingga tebal
perkerasan jalan tersebut mampu melayani lalu lintas sesuai umur rencana.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Teknologi > Ilmu Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 09:01 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 09:01 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/891 |