Search for collections on Repository UNIKS

ANALISIS MINAT MASYARAKAT MUSLIM MEMILIH GADAI EMAS DI PEGADAIAN KONVENSIONAL DARIPADA BANK SYARIAH (Studi Kasus Pegadaian UPC Teluk Kuantan )

Iis, Aprianti (2021) ANALISIS MINAT MASYARAKAT MUSLIM MEMILIH GADAI EMAS DI PEGADAIAN KONVENSIONAL DARIPADA BANK SYARIAH (Studi Kasus Pegadaian UPC Teluk Kuantan ). Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of SKIRIPSI REVISI IIS.pdf] Text
SKIRIPSI REVISI IIS.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Peneliti ini di latarbelakangi oleh perkembangan Pegadaian di Kota Taluk
Kuantan.TalukKuantan umumnya secara kualitas memiliki jumlah penduduk
mayoritas beragama islam dengan penghasilan yang besar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat masyarakat muslim
memilih produk gadai emas di Pegadaian UPC Taluk Kuanatan.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah di Pegadaian UPC Taluk
Kuantan sebanyak 2.113 nasabah.Dan hanya diambil 44 orang sebagai
sampelnya.Teknik pengambilan sampel dengan cara nonprobality sampling dan
teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah angket, wawancara dan
dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan
rumus persentase. Teknik pengumpulan data: Observasi, Wawancara, Kuisioner,
dan Dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa minat masyarakat
muslim memilih produk gadai emas di Pegadaian UPC Teluk Kuantan termasuk
dalam kategori tinggi karena tingkat pengetahuannya terhadap produk dengan
persentase 90,91%, kemampuan dalam memahami produk dengan persentase
61,36%, informasi yang di dapat mengenai produk dengan persentase 72,73%,
kemampuan membedakan produk dengan produsen lain dengan persentase 25%
dan pengalaman menggunakan suatu produk dengan persentase 90,91% . Adapun
faktor-faktor Masyarakat muslim memilih untuk menggadaikan emasnya di
Pegadaian UPC Teluk Kuntan yaitu lokasi yang dekat dengan rumah 42 orang
(95,45%), proses yang cepat 44 orang (100%), harga emas yang lebih mahal 30
orang (68,18%).
Faktor penyebab minatnya masyarakat muslim memilih produk gadai
emas di Pegadaian Konvesional terdapat dua factor yaitu faktor eksternal atau
faktor dari luar dan faktor internal atau factor dari dalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Minat Produk Gadai Emas Pegadaian
Subjects: Agama > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Perbankan Syrariah
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 12 Sep 2025 06:35
Last Modified: 12 Sep 2025 06:35
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item
View Item