Search for collections on Repository UNIKS

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PUSAT PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT (P3M) PADA DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK DAN PERSANDIAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

MAIDA, QALVINI RESLI (2020) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PUSAT PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT (P3M) PADA DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK DAN PERSANDIAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of SKRIPSI MAIDA.pdf] Text
SKRIPSI MAIDA.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian Kabupaten Kuantan
Singingi adalah instansi pemerintahan yang menanggani permasalahan tentang
pengaduan seperti masalah pelayanan informasi publik, masalah ketersediaan
sarana dan prasarana masyarakat untuk mengakses infromasi publik dan masalah
pengaduan pelayanan publik. Instansi pemerintahan ini belum memiliki sistem
yang terkomputerisasi sehingga sangat kesulitan dalam menemukan laporan yang
dialami oleh masyarakat tentang pelayanan yang tidak maksimal terhadap
masyarakat yang membutuhkan surat dan sebagainya. Dengan tidak adanya sistem
yang terkomputerisasi sehingga masyarakat akan kesulitan dalam mengadukan
masalah tersebut. Dikarenakan sistem pengaduan pada Dinas Komunikasi,
Informatika, Statistik Dan Persandian Kabupaten Kuantan Singingi masih
dilakukan secara manual dengan mengisikan formulir pengaduan sehingga pada
zaman sekarang ini tidak efektif lagi digunakan dan dirasakan cukup sulit bagi
masyarakat untuk melakukan pengaduan terhadap layanan yang ada pada kantor
kantor pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dan sulitnya bagi pimpinan
pemerintahan Kabupaten Kuantan Singingi dalam menilai tingkat keberhasilan
terhadap layanan yang ada pada kantor-kantor pemerintahan. Maka dengan
adanya sistem yang terkomputerisasi dapat diterapkan akan lebih mudah dalam
mendapatkan data-data yang dibutuhkan oleh pimpinan pemerintahan untuk
menganalisis tingkat keberhasilan pelayanan para pegawai pemerintahan
Kabupaten Kuantan Singingi. Menghasilkan sistem yang semulanya manual
menjadi sistem yang terkomputerisasi. Memberikan kemudahan kepada
masyarakat untuk melakukan pengaduan pelayanan yang kurang baik.
Menghasilkan sistem yang memberikan kemudahan dalam melaporkan data
pengaduan masyarakat kepada kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik
Dan Persandian Kabupaten Kuantan Singingi. Menghasilkan sistem yang dapat
menyimpan data dengan baik tanpa membutuhkan tempat penyimpanan yang
begitu besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaduan, Pelayanan
Subjects: Ilmu komputer, informasi dan karya umum > Ilmu komputer
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:43
Last Modified: 15 Sep 2025 03:43
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item
View Item