Search for collections on Repository UNIKS

PENGARUH PENILAIAN BERBASIS KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X.1 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NEGERI 1 KUANTAN MUDIK

MARLINA, - (2020) PENGARUH PENILAIAN BERBASIS KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X.1 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NEGERI 1 KUANTAN MUDIK. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of SKRIPSI MARLINA.pdf] Text
SKRIPSI MARLINA.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Sesuai judul maka penelitian ini diadakan di SMA Negeri 1 kuantan mudik. Untuk
memudahkan penelitian, maka dirumuskan masalah yakni, Peran Guru dalam penlaian,
Faktor yang mempengaruhi penilaian serta pengaruh penilain berbasis kelas terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMA Negeri 1 kuantan mudik”.Adapun tujuan dalam
penelitian ini ada atau tidaknya Pengaruh penilain berbasis kelas terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran PAI di kelas X.1 SMA Negeri 1 Kuantan Mudik.
Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang guru mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan 36 siswa yang terdiri dari 26 perempuan dan 10 orang laki-laki. Teknik
pengumulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik
analisa data dilakukan dengan cara setelah data di peroleh selanjutnya di klasikan menjadi
dua kelompok yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Terhadap data bersifat kualitatif di
gambarkan dengan kata atau kalimat. Dan untuk mengetahui adanya pengaruh yang
dibuktikan dengan rumus produc moment yang hasilnya 0,000124.
Dari hasil rumus produc moment di atas maka dapat hasilnya yaitu r xy = 0,000124
yang menentukan adanya pengaruh terhadap hasil belajarsiswa. Dari hasil tersebut terlihat
bahwa adanya pengaruh penilaian berbasis kelas terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:06
Last Modified: 26 Sep 2025 03:12
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/1015

Actions (login required)

View Item
View Item