FAUZIAH, RAMADHANI (2022) SKRIPSI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI IPA DI MA BAHRUL ULUM AIR EMAS KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
![[thumbnail of SKRIPSI FAUZIAH RAMADHANI.pdf]](http://repository.uniks.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FAUZIAH RAMADHANI.pdf - Other
Download (4MB)
Abstract
Hasil Belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran Fikih masih tergolong
rendah, terbukti dengan masih adanya nilai siswa dibawah KKM, maka
dibutuhkan metode pembelajaran yang bisa meningkatkan hasil belajar. Salah
satunya adalah metode pembelajaran Aktif Group Resume.Metode pembelajaran
Aktif Group Resume biasanya menjelaskan hal-hal yang telah dicapai individu.
Group Resume merupakan cara menarik untuk membantu siswa untuk mengenal
satu sama lain atau melakukan semacam pembentukan tim yang anggotanya sudah
saling mengenal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
penerapan metode pembelajaran Aktif Group Resume untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas XI IPA di MA Bahrul Ulum
Air Emas. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
)PTK(. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas kelas XI IPA di MA Bahrul Ulum Air Ema yang berjumlah 24 siswa.
Teknik pengumpulan data yng digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi.Hasil penelitian persiklus, pada Pra Siklus 37,5%, Siklus I 45,83%,
Siklus II 83,33%, dan Siklus III 95,83%. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa,
Penerapan metode pembelajaran Aktif Group pada siswa kelas XI IPA MA Bahrul
Ulum Air Emas ” dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktif Group Resume, Hasil Belajar |
Subjects: | Agama > Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siswa Magang - |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:03 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 03:03 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/293 |