Search for collections on Repository UNIKS

PENGARUHEMOTIONALQUOTIENTSISWATERHADAPPRESTASI BELAJARMATAPELAJARANPENDIDIKANAGAMAISLAM DANBUDIPEKERTIKELASVIIIDISMPSATUATAP PULAUKOPUNGKECAMATANSENTAJORAYA

Muhammad, Hendra (2023) PENGARUHEMOTIONALQUOTIENTSISWATERHADAPPRESTASI BELAJARMATAPELAJARANPENDIDIKANAGAMAISLAM DANBUDIPEKERTIKELASVIIIDISMPSATUATAP PULAUKOPUNGKECAMATANSENTAJORAYA. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.

[thumbnail of skripsi MUHAMMAD HENDRA.pdf] Text
skripsi MUHAMMAD HENDRA.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan seseorang tentunya ingin memilikiprestasi belajaryangbaik,akantetapiuntukmendapatkanhaltersebuttentunya tidak akan mudah karena seseorang akan mengalamihambatan hambatan dan kesulitan-kesulitan dalam belajar.EmotionalQuotient merupakansalahsatufaktoryangdapatmempengaruhihasilbelajar.Hal inidikarenakansiswaakanmemilikikemampuandalam mengolaemosi yang dapatmenjadikekuatan dalam mencapaihasilbelajaryang maksimal.BerdasarkanhasilprapenelitiandiSMP SatuAtap Pulau Kopung ditemukan bahwamasih banyakpesertadidikyang prestasi belajarnyadibawahKKM yakni52%.Sedangkangejalapadaemotional quotientmereka tampakbaiksepertiditandaidengan sikap optimis, percaya diri, dorongan untuk maju, dan pandai berkomunikasi. Berdasarkanlatarbelakangdanfenomenadiatas,penelitianinibertujuan untuk menegetahuiadakah pengaruh emotionalquotient terhadap prestasibelajarsiswakelasVIIIpadamatapelajaranPendidikanAgama IslamdanBudiPekertidiSMPSatuAtapPulauKopung.Jenispenelitianini adalah kuantitatifdengan levelexplanation asosiatifkausal.Teknik pengumpulandatayangdigunakanadalahkuisionerdandokumentasi sebagaisumberdataprimer.Sedangkanwawancaradigunakansebagai teknikpengumpulanuntukdatasekunder.Analisisdatamenggunakan rumusRegresiLinierSederhanayangdiolahmenggunakansoftwareSPSS. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwatidakadapengaruhdariemotional quotientterhadapprestasibelajarsiswakelasVIIIpadamatapelajaran pendidikanagamaislam danbudipekertidiSMPSatuAtapPulauKopung KecamatanSentajoRayadengannilaithitung adalah0,466lebihkecildari nilaittabel2,093.HalinijugadapatdilihatpadanilaiSignifikansi(Sig.)yakni 0,646yanglebihbesardariprobabilitassebesar0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Emotional Quotient, Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:05
Last Modified: 16 Jul 2024 07:05
URI: http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item
View Item