Yuni, Rahmawati (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TERHADAP TINDAKAN BULLYING ANTAR SISWA DI SEKOLAH (Studi Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kuantan Mudik Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi). Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
Skripsi Yuni Rahmawati.pdf - Other
Download (4MB)
Abstract
Pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti memiliki tujuan utama yaitu pembentukan kepribadian pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari-hari, maka pembelajaran PAI tidak hanya menjadi tanggung jawab guru PAI seorang diri, tetapi dibutuhkan dukungan dari seluruh komunitas sekolah, masyarakat, dan lebih penting lagi orang tua. Kenyataannya pada dunia pendidikan diindonesia saat ini tidak sedikit peserta didik yang menghadapi hambatan ketika berkeinginan mengembangkan diri secara optimal khususnya yang diakibatkan oleh perilaku kekerasan ataupun bullying. Bullyiung merupakan perilaku agresif secara dominan dan menyebabkan sebuah tekanan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh Pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap tindakan bullying antar siswa di sekolah (studi siswa kelas VII SMPN1 Kuantan Mudik Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi). Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yang diteliti.Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Kuantan Mudik dengan jumlah siswa 76 orang dan sampelnya adalah 76 orang siswa, jumlah tersebut penulis ambil dengan cara teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur, angket yang bersifat tertutup dan dokumentasi sekolah.Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (pembelajaran PAI-BP) dan variabel y (tindakan bullying). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data, jika dibandingkan fhitung dengan f tabel pada taraf signifikan 5% dapat diketahui bahwa fhitung 9.378 dan f tabel 1.66571 yang berarti fhitung lebih besar dari f tabel sehingga Ha diterima, H0 ditolak. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap tindakan bullying antar siswa di sekolah (studi siswa kelas VII SMPN 1 Kuantan Mudik Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti, Tindakan bullying |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 03:10 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 03:10 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/35 |