FARAH, ANJALINA (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE MUROJA’AH TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA KELAS V PROGRAM TAHFIZHUL QUR’AN DI MI SIROJUTTHOLIBIN DESA SIMPANG RAYA. Diploma thesis, Universitas Islam Kuantan Singingi.
skripsi ringkasan FARAH ANJALINA.pdf - Other
Download (615kB)
SKRIPSI FULL_FARAH ANJALINA.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Skripsi penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa kelas V
program tahfizhul Qur‟an di MI Sirojuttholibin yang tidak dapat mencapai target
yang telah ditentukan oleh pihak lembaga pendidikan. Target hafalannya yaitu 1
juz dalam waktu 1 tahun. Maka perlu dilakukan penelitian terkait pengaruh
penerapan metode muroja‟ah terhadap kemampuan menghafal Al-Qur‟an siswa
kelas V program tahfizhul Qur‟an di MI Sirojuttholibin Desa Simpang Raya.
Adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan metode muroja‟ah
terhadap kemampuan menghafal Al-Qur‟an siswa kelas V program tahfizhul
Qur‟an di MI Sirojuttholibin Desa Simpang Raya. Dengan jenis penelitian
kuantitatif eksperimen dengan sampel penelitian berjumlah 21 orang. Eksperimen
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre Eksperimental Design dengan
bentuk One Grup Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakna yaitu uji prasyarat dengan menggunakan uni normalitas dengan melihat
nilai Shapiro-Wilk dan uji hipotesis menggunakan rumus uji Paired Sampel t Test
serta menggunakan uji NGain untuk melihat seberapa jauh peningkatan hasil
belajar siswa dengan menghitung nilai Pretest dan Posttest. Adapun hasil
penelitiannya yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode
muroja‟ah terhadap kemampuan menghafal Al-Qur‟an siswa kelas V program
tahfizhul Qur‟an di MI Sirojuttholibin Desa Simpang Raya, karena dilihat dari
nilai thitung > ttabel yaitu dengan nilai thitung 18.506 dan nilai ttabel 2.08596. Dengan
nilai hitung Shapiro-Wilk pretest 0.001 dan posttest 0.092 yang artinya lebih besar
dari 0.05. Nilai rata-rata N-Gain sebesar 0.5615, maka presentase pengaruh
variabel bebas (Metode Muroja‟ah) terhadap variabel terikat (Kemampuan
Menghafal Al-Qur‟an) pada penelitian ini adalah 56.15 % dan dilihat dari standar
tafsiran mean 56-76 % penerapan metode muroja‟ah ini masuk dalam kategori
cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Muroja’ah, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. |
Subjects: | Agama > Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email pustakauniks@gmail.com |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 04:15 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:15 |
URI: | http://repository.uniks.ac.id/id/eprint/607 |